PGSD 5i

Senin, 16 Oktober 2017

Coretan PENDAHULUAN in here



Pendidikan saat ini dijadikan modal utama untuk menyiapkan pribadi dan sumber daya manusia yang semakin maju dalam pembangunan. Dengan pendidikan maka akan menciptakan sumber daya manusia yang cerdas dan kompeten. Pendidikan saat ini dianggap sebagai kebutuhan yang sangat penting dalam kehidupan. Seperti yang tercantum dalam sistem pendidikan nasional yang ditetapkan dalam UU No. 23 Tahun 2003, yang berbunyi:
“Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi siswa agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, ktreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab” (Bab II, Pasal 3).

Dalam penerapan pembelajaran yang menggunkaan kurikulum 2013 masih mengalami kendala baik dalam sarana prasarana, kemampuan siswa dalam memahami materi yang diajarkan maupun siswa sendiri yang kurang berminat dalam memahami suatu materi. Masalah-masalah tersebut peneliti temukan pada siswa kelas III SDN Banyuputih 04. SDN Banyuputih 04 merupakan salah satu sekolah di Kabupaten Batang yang sudah menerapkan kurikulum 2013. Menurut guru kelas III SDN Banyuputih 04 mengalami kesulitan dalam memahami suatu materi yang diajarkan pertema dan kurang berminat dalam pembelajaran. Penyebab lain adalah minimnya media yang digunakan oleh guru, padahal media merupakan alat bantu dalam proses pembelajaran.
Untuk mengatasi masalah kurangnya media dalam pembelajaran kurikulum 2013 berkenaan dengan pembelajaran tematik, guru dapat menggunakan media Pop Up. Pop Up merupakan buku yang memiliki bagian yang dapat bergerak atau berunsur 3 dimensi. Buku pop up digunakan untuk mengemas sesuatu dengan menarik dan tampak timbul. Buku pop up dapat memberikan kejutan dalam setiap halamannya yang dapat mengundang ketakjuban ketika setiap halamannya dibuka. Berdasarkan penilitian terdahulu yang dilakukan oleh Adiza Belva Hendrakusuma pada tahun 2017 dengan judul “Peningkatan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dengan Menggunakan Media Pop-Up pada Siswa Kelas IVB SD Negeri Tegal Panggung Kecamatan Danurejan Kota Yogyakarta Tahun Pelajaran 2016/2017” menyatakan bahwa dengan menggunakan media pop-up dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa. Hal tersebut dibuktikan dengan beberapa kali percobaan sehingga ketuntatasan belajar siswa dapat mencapai 75% dan siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan media pop-up mendapat nilai  70.
Berdasarkan masalah-masalah yang dijumpai pada saat observasi peneliti memilih menggunakan media pop-up untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SD Negeri Banyuputih 04 di Kabupaten Batang. Selain itu sudah terdapat penelitian yang menggunakan media pop-up untuk meningkatkan hasil belajar siswa dan dinyatakan berhasil.

0 komentar:

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n:

Posting Komentar

 
animasi  bergerak gif
Panda